Jumat, 14 September 2012

Tips Perawatan Baterai Laptop Anda

  TIPS MERAWAT BATERAI LAPTOP ANDA

  Baterai laptop Anda memungkinkan Anda untuk menggunakan komputer Anda ketika itu tidak tersambung ke sumber listrik. Dalam rangka untuk tetap berfungsi pada kapasitas baterai Anda atas untuk selama mungkin, Anda harus merawat dengan benar. Seksama membaca manual dari pabriknya dan tetap sesuai dengan petunjuk untuk perawatan baterai, dan juga mengambil langkah lain untuk meningkatkan jangka hidup baterai Anda.
Segera setelah baterai laptop dibuat, jam mulai berdetak pada umur nya. Paling-paling, baterai laptop bisa bertahan sekitar lima tahun. Namun, jika baterai tidak dirawat dengan baik, Anda mungkin menemukan diri Anda perlu menggantinya setelah hanya satu atau dua tahun. Membeli baterai laptop baru ini merupakan investasi mahal, melakukan perawatan yang tepat untuk memaksimalkan umur nya.

  Berikut tips-tips untuk merawat baterai laptop agar dapat bertahan lama:
  1.   Ubah pengaturan daya pada komputer Anda untuk menghemat baterai dengan memilih pengaturan hemat daya. Jika Anda menggunakan pengaturan kinerja tinggi, baterai akan terkuras cepat karena powering beberapa fungsi pada kapasitas tertinggi. Namun, jika Anda memilih hemat daya pengaturan, Anda akan menghemat baterai itu sendiri dan hanya daya minimum yang diperlukan komputer untuk fungsi, yang memperpanjang masa pakai baterai.
  2.   Gunakan laptop pada permukaan yang datar keras sehingga para fans dalam komputer sirkulasi udara baik dan menjaga baterai pada suhu yang optimal.  Hindari menggunakan laptop Anda pada permukaan yang mewah atau karpet, yang mencegah udara memasuki dan meninggalkan unit dengan bebas. Semua komponen laptop harus tetap dingin untuk jangka hidup terpanjang mungkin, dan ini termasuk baterai.
  3.   Biarkan baterai Anda untuk bekerja dengan mencabut komputer dari sumber listrik berkala. Jika Anda menjaga komputer terpasang di sepanjang waktu, baterai tidak memiliki kesempatan untuk mengisi, dan ini lebih pendek hidupnya.  Lepaskan baterai dari laptop jika laptop tersambung ke sumber daya yang handal dan akan tetap demikian untuk jangka waktu lama.
  4.   Jauhkan komputer Anda dan baterai dari suhu ekstrim. Suhu ekstrim membuat baterai kehilangan daya, dan juga dapat berhenti dari bekerja sama sekali.  Simpan laptop dalam lingkungan suhu kamar nyaman bila tidak digunakan. Temperatur yang tinggi akan menyebabkan kapasitas maksimum baterai akan menurun, bahkan ketika baterai sudah tidak digunakan.
  5.   Biarkan baterai benar-benar habis sebelum pengisian. Namun, jika Anda tidak akan menggunakan komputer untuk jangka waktu lama, menyimpannya dengan baterai setengah sehingga tidak kehilangan kapasitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar